Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Manajemen Keuangan untuk Mahasiswa


Pada dasarnya kebutuhan setiap orang itu berbeda, tergantung dari profesi dan keadaan lingkungan sekitarnya. Namun perbedaan tersebut bukanlah hal yang pantas dijadikan alasan untuk memboros-boroskan uang, karena ternyata banyak dari kita yang lebih mementingkan keinginan dari pada kebutuhan atau dapat kita sebut juga lebih mementingkan kebutuhan sekunder daripada kebutuhan primer. Akhirnya kita terjebak hutang dan ekonomi keluarga atau pribadi kita terpuruk karena pemborosan yang sebenarnya tidak begitu diperlukan.

Bagaimana untuk mengatasi hal tersebut?

Pembahasan mengenai Tips Manajemen Uang Jajan untuk Mahasiswa (apalagi anak kosan) ini saya bagi menjadi kedalam 4 pokok pembahasan, yaitu Menjauhi Hutang, Selalu menyisihkan uang jajan, membuat target dan Investasi/bisnis.

Menjauhi Hutang

Say no to debt atau katakan tidak untuk hutang, kalau bisa anggaplah hutang itu adalah hal yang haram. Hutang adalah sumber dari segala masalah, sekali kita menghutang maka kita akan ketagihan karena ternyata hutang ini memiliki kandungan zat adiktif didalamnya

Memang di usia kita yang masih muda ini kita paling menghutang tidak seberapa dan itu juga hanya kepada teman kita, tapi jika tidak menghilangkan kebiasaan ini masa depan kita akan terancam, kebiasaan menghutang kita akan terbawa sampai kita tua, akibatnya tagihan kartu kredit kita pasti membludak dan hutang ke bank juga akan banyak. Oleh karena itu jangan dibiasakan untuk menghutang kecuali memang keadaannya sangat genting.

Selalu sisihkan uang jajan
Hal ini memang sulit untuk dilaksanakan, gue sendiri kalau akhir bulan melihat sisa uang jajan yang banyak maka hal yang gue lakukan bukanlah menabung tapi malah menghabiskannya (contoh tidak baik), yang ada di pikiran gue adalah tenang saja sebentar lagi juga dapat uang jajan bulanan. Itu adalah pemikiran yang salah karena dengan begitu kita tidak akan pernah punya tabungan.

Satu hal lagi, poin kedua ini akan dapat kita lakukan jika kita sudah bisa menguasai poin pertama, menjauhi hutang. Setelah menjauhi hutang setidaknya kita tidak minus di bulan kemarin. Kalau menghilangkan kebiasaan mengutang sudah kita kuasai? Kenapa kita tidak bisa menabung? Iya kan

Membuat Target
Menyisihkan uang jajan akan sangat sulit jika kita tidak mempunyai target, pikiran seperti gue diatas juga terjadi karena gue tidak mempunyai target. Dulu ketika gue sedang mengidam-idamkan smartphone Android gue rela menderita makan hanya dengan mie mentah dan jarang sekali jajan, hasilnya gue dapat menyisihkan uang jajan dan dapat membeli smartphone Android.

Jadi, buatlah sebuah target yang diinginkan, misal ingin punya rumah sendiri, ingin punya tablet dan lain-lain. Tanamkan juga peraturan dalam hidup kami membeli barang dengan uang jajan itu haram, jadi jika kami ingin membeli barang maka sisihkan uang kami terlebih dahulu. Khawatir jika kami membeli barang menggunakan uang jajan ada kebutuhan lain yang mendesak sehingga uang jajan kami tidak cukup untuk kebutuhan di akhir bulan.

Bisnis atau Investasi
Memang tidak semua orang bisa berbisnis, tapi jika kita tidak bisa menekan pengeluaran bulanan kita maka bisnis adalah salah satu jalan keluarnya. Dengan berbisnis tentunya kita akan mendapatkan keuntungan dan dengan keuntungan itulah kita dapat menambah penghasilan kita. Tapi ingat kita harus memisahkan antara antara uang jajan dan uang bisnis, karena jika tercampur maka bisnis kita akan menjadi susah.

Contoh bisnis kecil-kecilan yang bisa dilakukan oleh seorang mahasiswa adalah jualan pulsa, membuat boneka flanel, menjadi reseller dan lain-lain.

Investasi sebenarnya lebih cocok kepada mereka yang memiliki uang banyak di tabungan. Dari pada uang tersebut ditabung di bank dengan bunga yang tidak seberapa, maka akan lebih menghasilkan profit jika uang tersebut kita investasikan. Investasi ini banyak sekali macamnya, mulai dari investasi emas, property, saham dan lain-lain. Selain jumlahnya yang lebih besar dari bunga bank investasi juga dapat menghindarkan kita dari inflasi (penurunan nilai mata uang).

Inflasi yang paling baik untuk jangka panjang adalah emas namun jika ingin , mendapatkan keuntungan lebih cepat kita bisa investasi dibidang saham, tentunya dengan mempelajari terlebih dahulu perusahaan yang akan kita beli sahamnya.

Sumber : Internet

3 comments:

  1. Terimakasih atas informasinya, sangat membantu.
    salam kenal dari saya mahasiswa fakultas Ekonomi :)

    ReplyDelete
  2. terimakasih telah mengunjungi blog kami.

    ReplyDelete
  3. Swiming is the best exercise in summer and running in winter
    QU-IT & QU

    ReplyDelete